The Heirs: Harta, Tahta, Cha Eun Sang

Sudahkah Anda menonton The Heirs?

unduhan

Jangan mengaku sudah move on dari tahun 2013 apabila Anda belum menonton drama Korea yang satu ini. Ya, sebuah drama yang bisa dibilang fenomenal, sensasional, dan kontroversial karena khalayak sudah heboh duluan bahkan jauh sebelum drama ini menayangkan episode perdananya. Drama yang menuai sensasi tepat ketika pihak penyelenggara(?) mengumumkan sederet nama yang konon akan membintanginya.

It’s called the power of Hallyu Wave.

Bagaimana tidak heboh kalau para bintang yang dicomot merupakan orang-orang yang bisa dibilang sebagai ‘maskot drama Korea’ dan juga manusia-manusia yang kerap kali melanglang buana di panggung hiburan K-Pop? Menyatukan mereka dalam sebuah serial drama memang salah satu trik pemasaran yang cukup mumpuni, karena yang tergaet bukan hanya pecinta drama Korea, namun juga pecinta musik K-Pop. Merangkul dua jiwa dalam satu kedipan mata (haseeek).

Sebaiknya saya cerita dulu sedikit tentang garis besar (?) The Heirs.

Ketika mendengar atau membaca judulnya, satu hal yang muncul di kepala saya adalah sebuah drama berlatar tempat-tempat elit dengan manusia-manusia yang elit pula, ditambah seorang Cinderella yang nantinya menjadi objek sentral yang diperebutkan…. dan bingo! Ternyata benar. Latarnya tidak jauh berbeda dengan drama ala BBF yang menyoroti tentang kehidupan chaebol (konglomerat) dan isinya juga tidak jauh-jauh dari harta-tahta-wanita. Hahaha iya, tiga hal paling mainstream yang digunakan sebagai tema pada hampir semua cerita di dunia.

Cerita diawali dengan pemandangan sosok Kim Tan (Lee Min Ho) yang berada di Negeri Paman Sam (sumpah istilah ini HAHAHA) dan saat itu tengah ber-surfing-ria bersama teman-teman bulenya. Di sini saya nggak habis pikir kenapa Lee Min Ho dikasih dialog berbahasa Inggris. Bukannya gimana-gimana, tapi logat Engrish-nya itu…. YA ALLAH MALU LAH SAMA KRIS. Tapi ya sudah, paling juga penontonnya memaafkan karena beliau ganteng. Lagian kalo disiarin di TV Indonesia juga akhirnya pake suara dubber hahaha. Kasian.

Di tempat lain, Cha Eun Sang (Park Shin Hye) sedang dirundung kegalauan karena berniat menyusul kakaknya yang tinggal di Amerika. Eun Sang memutuskan nekat pergi ke negeri orang seorang diri, berusaha menguatkan hatinya agar rela meninggalkan ibundanya yang berkebutuhan khusus (?).

Tentu saja segalanya tidak berjalan mulus. Ketika baru saja tiba di Amerika, Eun Sang harus bertemu dengan Yoo Rachel (Kim Ji Won) dan menerima hujaman kata-kata pedas dari mulut tajam Rachel untuk pertama kalinya. Rachel ini menjabat sebagai tunangan Kim Tan, yang tentu saja bukan pertunangan yang dilandasi oleh rasa cinta alias dijodohkan. Standar lah ya, harga mati dalam drama-drama chaebolisme(?). Anaknya dijodohkan dengan anak partner bisnis, atau minimal yang levelnya setara.

Tentu saja Kim Tan dan Cha Eun Sang yang notabene tokoh utama drama ini serta-merta bertemu karena mereka sama-sama berada di Amerika.

Lho, kok? Memangnya Amerika selebar celana kolor?

Namanya juga drama.

Semenjak pertemuan tak terduga di Amerika tersebut, Kim Tan merasakan benih-benih cinta mulai bermekaran di hatinya. Entah pelet macam apa yang dimiliki oleh seorang Cha Eun Sang hingga membuat seorang anak konglomerat seperti Kim Tan bertekuk lutut dan rela melakukan apa saja, termasuk bersaing dengan Choi Young Do (Kim Woo Bin), seorang putra pemilik Hotel Zeus sekaligus teman lamanya. Apalagi setelah Cha Eun Sang pindah ke Empire High School, sekolah yang berada di bawah naungan Grup Empire milik keluarga Kim Tan. Jadi FYI, ibunda Eun Sang merupakan pembantu rumah tangga di rumah mewah keluarga Kim Tan. Karena suatu hal, Eun Sang dan ibunya nebeng tinggal di rumah tersebut. Tapi rasanya kurang pantas kalo disebut ‘nebeng tinggal’ karena mereka berdua hanya diberi sepetak kamar yang lebih mirip seperti tempat penyimpanan barang saking sumpeknya. Nah, jadi Eun Sang ini berhasil sekolah di tempat yang elit berkat “uluran tangan” ayah Kim Tan, semata-mata demi memberikan “pelajaran” bagi Eun Sang bahwa ia tak cukup pantas untuk bersanding dengan Kim Tan.

Ketika Kim Tan kembali ke Korea dan melanjutkan sekolah di Empire High School, segalanya perlahan menjadi complicated. Kim Tan yang tampan-rupawan, kaya, dan menjadi idola para gadis tentu membuat posisi Eun Sang semakin sulit. Kim Tan sering menunjukkan kepeduliannya terhadap Eun Sang secara frontal sehingga membuat Eun Sang terjepit dalam situasi yang tak mengenakkan. Tentu saja sekolah yang para muridnya terbagi menjadi tiga “kasta” itu bukan tempat yang menyenangan baginya. Eun Sang masuk dalam level siswa paling rendah jika diukur dari materi, dan orang-orang seperti itu biasanya menjadi sasaran empuk untuk di-bully. But thanks to Kim Tan, setidaknya berkat keberadaan pria tinggi menjulang itu, Eun Sang memiliki cukup perlindungan apabila ada yang berbuat macam-macam padanya.

Lalu bagaimana nasib Yoo Rachel?

Pokoknya cinta Kim Tan hanya untuk Cha Eun Sang. Mata Kim Tan hanya melihat pada Cha Eun Sang. Yang lain lewat.

Kasihan Yoo Rachel.

Rachel yang ngebet setengah mati untuk mendapatkan Kim Tan, tak jarang berniat menjatuhkan harga diri Eun Sang. Gadis yang sejak kecil ditadirkan tidak pernah kesusahan dalam hal materi ini sangat amat memandang rendah Eun Sang yang jelas-jelas “berbeda” dengannya. Tak ayal ketika mengetahui identitas Eun Sang yang sebenarnya, ia semakin gencar menghujani Eun Sang dengan kata-kata pedas dan juga perbuatan-perbuatan yang sekiranya bisa mempermalukan Eun Sang. Namun apa mau dikata, hati Kim Tan sudah membatu karena ia hanya punya cinta untuk Cha Eun Sang. Sejak awal tak ada sedikitpun perasaan bagi Rachel, kecuali perasaan sayang seorang kakak terhadap adiknya.

Kasihan Yoo Rachel. Cintanya bertepuk sebelah tangan.

Belum lagi kisah-kisah pelik lainnya. Kisah mengenai identitas Kim Tan dan ibunya. Kisah Rachel dan Youngdo yang terancam menjadi kakak beradik karena pernikahan bisnis orang tua mereka. Kisah masa lalu persahabatan Kim Tan dan Young Do. Pokoknya yang gitu-gitu. Terlalu banyak kisah hingga saya bingung kalo mau nyebutin satu per satu.

Tunggu dulu.

Ketika menonton episode pertama dan ada scene antara Yoon Chan Young (Kang Min Hyuk) – Lee BoNa (Krystal Jung) – Cha Eun Sang, saya malah mengira Chan Young dan Eun Sang terjebak friendzone, padahal Chan Young adalah kekasih BoNa. Hahaha, salah sendiri Chan Young manis banget imut banget kalem banget plus perhatian banget sama Eun Sang. Siapa yang menyangka bahwa ternyata Chan Young tidak ada hubungannya dengan love life Eun Sang?

Saya pribadi sempat bingung dengan drama ini, bahkan hingga hampir memasuki episode belasan saya masih tidak kunjung mengerti ini ceritanya mau di bawa di mana. Entah saya yang kelewat nggak fokus atau gimana, yang jelas saya bingung sebenarnya si ini siapanya si itu, si ini ada hubungan apa dengan si itu, hingga cerita terus dan terus berlanjut sampai akhirnya saya mulai mendapatkan titik terang.

Titik terangnya apa, Din?

 

Ya itu tadi. Harta, tahta, wanita.

 

Hahaha.

Sebenarnya drama ini cukup menarik walaupun pemilihan tema ceritanya, yah, you know, sangat klise dan tentu saja mudah ditebak.

Kalo mudah ditebak kenapa lo bisa ngira kalo Eun Sang sama Chan Young bakalan friendzoned?

Salahkan Chan Young yang keterlaluan baik! Semacam kalo saya jadi Eun Sang, saya merasa dikasih harapan. IF I WERE CHA EUN SANG, SAYA PASTI NAKSIR BERAT SAMA CHAN YOUNG. Tapi berita buruknya adalah saya BUKAN Cha Eun Sang tapi saya tetep naksir Chan Young.

Kembali lagi, drama ini sebenarnya cukup menarik. Tapi mungkin karena faktor jenuh disuguhi drama dengan tokoh Cinderella, saya agak kurang menikmati. Oke, mungkin para pemainnya memang sangat mumpuni untuk dinikmati. Untuk apa sih produser menggaet sederet bintang yang jelas-jelas namanya tengah melejit? Untuk mendongkrak rating? Jelas. Toh saya beberapa kali membaca artikel bahwa rating The Heirs masuk dalam kategori tinggi.

Lalu apakah drama ini bisa disebut sebagai drama yang berhasil?

Dari segi rating sih iya, dan beberapa orang mungkin memiliki pendapat yang sama. Mungkin sudut pandang saya saja yang sedikit berbeda karena sejak awal saya menganggap drama ini hanya menjual pemain. Bahkan sampai akhir mindset saya tidak berubah, saya tetap beranggapan seperti itu. Walaupun mengikuti sampai akhir, tapi saya menonton karena ingin memastikan bahwa tebakan saya benar, bukan karena rasa ingin tahu kelanjutan ceritanya. Udah ketebak banget gitu kan gimana-gimananya. Nggak ada gebrakan yang bener-bener bikin saya tercengang dan nge-WOW. Sekalinya saya megap-megap paling cuma karena Chan Young ppoppo-an sama BoNa, itupun sekilas. Tapi sebagai konsumsi ringan, drama ini cocok lah buat hiburan, apalagi bagi Anda yang merindukan wajah-wajah bening. Tapi apabila yang Anda cari adalah sesuatu yang unik, beda, dan bisa membuat Anda tercengang, sebaiknya Anda cari tontonan yang lebih berat.

FYI, drama ini ditulis oleh Kim Eun Sook, yang mana beliau sudah melanglang buana dalam dunia perdramakoreaan. Coba tengok drama Secret Garden, A Gentleman’s Dignity, dan Lovers in Paris yang terkenal itu. Bukan rahasia lagi bahwa beliau termasuk penulis naskah drama papan atas di Korea. Kalo diperhatikan (atau mungkin cuma saya yang memperhatikan), karakter utama pria di Secret Garden, A Gentleman’s Dignity, dan The Heirs ini hampir mirip. Saya memang belum menonton drama-drama Kim Eun Sook yang lain sih, jadi hanya tiga itu yang saya amati hahaha. Coba deh perhatikan Kim Joo Won, Kim Do Jin, dan Kim Tan. Selain memiliki marga yang sama, ketiganya sama-sama menyandang karakter pria kaya yang cuek-jutek-masabodoh, dingin di luar namun hangat di dalam (tsaaah).

Well, karena yang paling mencolok dari The Heirs adalah para pemainnya, yuk langsung cekidot siapa saja sih mereka yang berhasil menyedot perhatian K-Popers.

  • Lee Min Ho

Image

Whoops~ siapa sih yang nggak tahu Lee Min Ho? Manusia yang satu ini bisa diibaratkan Dude Herlino-nya Korea. Kalo Dude merupakan wajah tetap di sinetron Indonesia, maka Lee Min Ho adalah maskot-nya drama Korea. Di The Heirs, Lee Min Ho berperan sebagai Kim Tan, anak horang kayah yang lebih sering galau mikirin cinta daripada mikirin warisan. Untuk urusan akting, jangan ditanya lagi. Manusia kloningan Jerry Yan ini memang sangat mumpuni untuk disebut sebagai aktor. Peran sebagai pria dingin berhati lembut memang sangat cocok untuk beliau (Cha Eun Sang sering dikasih back hug astaga mau nangis aja). Walaupun masih cocok mengenakan seragam sekolah, namun menurut saya Lee Min Ho tetep terlihat ketuaan kalo dianggap sebagai anak umur 18 tahun -_-

  • Park Shin Hye

Image

Kalo Lee Min Ho merupakan Dude Herlino-nya Korea, maka Park Shin Hye adalah Nikita Willy. Cocok banget kalo dapet peran Cinderella mellow yang ter-bully. Siapa lagi sih yang pantas menyandang peran Cha Eun Sang, gadis miskin teraniaya yang cintanya tak direstui oleh sang calon mertua?  Pokoknya Park Shin Hye juara sudah kalo urusan melinangkan air mata. Sebenarnya Song Hye Kyo lebih juara sih, tapi kite nyarinya cewek mellow berjiwa muda. Pinter banget sih yang milih pemain, hahaha.

  • Kim Woo Bin

Image

Ah, Mas yang satu ini. Yang pertama kali saya temukan di drama To The Beautiful You, nongol sebentar pas sama Sulli. Saat itu saya langsung heran gitu sama bentuk matanya hahaha. Aneh sih ya.

Kim Woo Bin di sini memerankan karakter Choi Young Do, remaja tanggung dengan masa lalu yang kelam. Wajah garang, kelakuan preman. Woo Bin banget deh pokoknya. Persis banget sama karakternya di School 2013 sebagai Park Heung Soo. Jiwa berandalannya natural banget kali ya, dan bentuk matanya tetep aneh walaupun nggak seaneh waktu di TTBY. Setidaknya sekarang udah agak simetris lah (?). Di sini Young Do ceritanya naksir Cha Eun Sang, dan dia menunjukkan perhatian-perhatiannya dengan dibumbui sikap berandal, bahkan kadang dengan bully-an. Nggak ngerti. Udah tahu kalo Eun Sang itu cengeng, kok malah pake cara kasar -_-

  • Kim Ji Won

Image

Gadis imut ini selalu mendapatkan peran gadis jutek dan keras kepala ya sepertinya. Sejauh ini baru mengobservasi tiga judul serial yang dibintanginya sih, tapi sudah cukup mengukuhkan pandangan bahwa Ji Won ini sangat cocok memerankan karakter tersebut. Imut, judes, tapi sebenarnya lemah. Gadis yang memiliki segalanya, kecuali pria yang didambakannya (haseeek). Di sini, Yoo Rachel, tokoh yang diperankannya, juga memiliki sifat yang sama persis. Udah deh pokoknya pas banget kalo Ji Won yang mainin (dari tadi komennya begitu mulu -_-).

  • Choi Jin Hyuk

Screen_shot_2014-01-07_at_1.37.17_PM

Astagaaa salah satu aktor favorit saya! Wajah cueknya, kulit tanned-nya, suara nge-bass-nya, aaaaa >< (mendadak fangirling). Di sini, Jin Hyuk berperan sebagai Kim Won, Kim Tan’s brother another mother (?). Tipe pria gengsian tapi sebenarnya romantis. Sangat terobsesi mengelola perusahaan milik keluarganya hingga berniat mengorbankan cintanya. Beda banget dengan Kim Tan yang masa bodoh dengan harta dan lebih memilih memperjuangkan cintanya walaupun harus melalui berbagai rintangan.

  • Park Hyung Sik

Image

Saya nggak ngerti kenapa member ZE:A ini dikasih peran yang… (sigh) awalnya saya pikir bukan dia banget. Tapi lama-lama kok karakter njelehi itu malah bagus ya di dia, hahaha. Perannya sebagai Jo Myung Soo yang hobi bergosip dan foto-foto itu sukses besar. Aduh, hilang sudah Hyung Sik yang berkharisma di atas panggung. Hilang sudah Hyung Sik yang romantis di depan JiHyun (korban variety show). Yang tersisa hanyalah Myung Soo sang emak-emak rumpi yang doyan ngegosip.

  • Kang Min Hyuk

Image

Tolong ya, dosa banget masukin Mas yang ini dalam list pemain drama. Mana perannya jadi pria baik-baik yang hobi bagi-bagi killer smile pula! Padahal kesehatan penonton tidak seharusnya dipermainkan seperti itu. MARI KITA TUNTUT SAJA PRODUSERNYA!

Abaikan.

Drummer CN Blue yang bertampang maknae ini memang dianugerahi karakter yang sempurna, yaitu Yoon Chan Young yang tampan (sekaligus manis), pintar, bijaksana, lemah lembut, perhatian, punya pacar kaya dan cantik pula. KURANG APA SIH MAS HIDUP KAMU HA?! MARI KITA TUNTUT SAJA DIA! TUNTUT UNTUK BERSANDING DENGAN SAYA (?)

  • Krystal Jung

Image

Saya mencoba menahan diri untuk tidak berteriak ‘BIAS GUEEEEE’ di saat saya benar-benar terpesona dengan karakter Lee BoNa. Ini anak juga kurang apa sih hidupnya? Cantik, kaya, anak seorang CEO agensi hiburan ternama (yang otomatis bersahabat dengan artis-artis), dan punya pacar seorang Yoon Chan Young yang kalem abeees. Sifat BoNa yang keras kepala, cemburuan, dan mudah marah, dengan entengnya diimbangi oleh Chan Young. Perfect match banget deh ah, gemes! Shipper-able, OTP-able, atau apalah itu namanya. As expected, f(x) Krystal dengan wajah angkuhnya itu berhasil memerankan karakter BoNa dengan baik.

  • Kang Ha Neul

Image

Ketika sampai di poin ini, saya juga berusaha mengendalikan diri supaya tidak memekik ‘HOOOPPAAAAAAAHHH!’. Udah nge-fans sama Ha Neul sejak kemunculannya di TTBY, apalagi setelah itu beliau muncul di Monstar sebagai pria pendiam yang sangat mengayomi. Makin klepek-klepeklah saya. Tapi perannya sebagai Lee Hyo Shin di The Heirs sedikit berbeda. Hyo Shin bukan pribadi yang pendiam dan tertutup. Namun ia di sini justru agak tertekan karena “disetir” orang tuanya (ngerti kan maksudnya hahaha). Menyukai tutornya yang sekaligus kekasih Kim Won. Haduuu sukanya sama nuna-nuna.

***

Nah, kurang lebih itulah sosok-sosok yang sempat berhasil bikin TL Twitter saya penuh dengan ungkapan ketidaksabaran ingin menonton episode pertama. Sebagus apa, sih? Seheboh apa, sih? Kok katanya sampai diprotes oleh banyak pihak karena pemainnya digondol semua hahaha.

Well, semua orang punya kesempatan untuk berkarya. Tugas kita adalah mengapresiasi karya-karya tersebut sambil menciptakan karya kita sendiri.

Jadi menurut ngana, apakah hasilnya memang sebagus respon masyarakat? 🙂

– Syupeodinie –

Advertisements

2 thoughts on “The Heirs: Harta, Tahta, Cha Eun Sang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s